ANAK adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Dalam konstitusi Indonesia,  anak memiliki peran strategis yang secara tegas dinyatakan bahwa Negara menjamin hak setiap anak atas keberlangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Melihat kondisi tersebut di atas maka diharapkan adanya terobosan atau perubahan yang positif dalam mengatasi dampak atau masalah-masalah tersebut diatas. Dengan cara adalah melakukan Optimalisasi Pelaksanaan Pra Musrenbang Anak dalam Inovasi “ Tudang Sipulung Anak “untuk meningkatkan pemahaman masyarakat/ Stake Holder melalui  Pelaksanaan Pra Musrenbang  Anak tingkat kecamatan, yang sangat perlu diprogramkan dalam proses perencanaan pembangunan daerah dengan juga melibatkan anak dalam proses perencanaan pembangunan tersebut.

Selanjutnya dengan adanya kegiatan inovasi ini, mampu mempengaruhi stakeholder, seluruh elemen masyarakat guna memberikan ruang kepada anak untuk menyampaikan aspirasi, ide dan gagasannya untuk didengarkan dan dimasukkan dalam usulan perencanaan pembangunan  daerah.