Sejalan dengan perkemban-gan manajemen penyelenggaraan negara  dan  untuk mewujudkan  pelayanan   prima serta  berkualitas, paradigma pelayanan pubik  berkembang dengan fokus pengelolaan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.Untuk itu,salah satu unsur  utama  dalam proses pen- ingkatan pelayanan  publik  yang harus dilakukan adalah dengan memberikan akses kepada mas- yarakat  untuk   terlibat  langsung dalam  setiap perubahan ke arah yang  lebih  baik dan  terencana.

Dalam   konteks   ini  parti- sipasi  merupakan   salah satu bentuk yang  sangat mendasar,se- kaligus mengajak seluruh komponen masyarakat bertanggungjawab  dalam  setiap  proses  peningkatan pelayanan  publik   mulai  dari  tahap perencanaan sampai pengawasan dan  evaluasi.

Manajemen pengaduan masyarakat Puskesmas Lampa merupakan  suatu cara untuk  memberikan kesem- patan kepada masyarakat terlibat langsung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan melalui saran, kritik maupun masukan yang  bersifat konstruktif.

Pelaksanaan manajemen pengaduan masyarakat di Puskesmas Lampa telah diterapkan sejak tahun 2012 dengan menyediakan  beberapa alternatif saluran pengaduan antara lain kotak saran di Puskesmas Lampa dan Poskesdes, telepon/SMS (call center), penyampaian langsung kepada  petugas informasi puskesmas, tatap muka dengan Kepala Puskesmas atau  Kepala Tata  Usaha dan  melalui blog www. puskesmaslampa.blogspot.com / email puskesmas www.puskesmas_lampa@yahoo.co.id.

Tindak   lanjut  pengaduan berupa  jawaban langsung, perbaikan, rencana perbaikan maupun rekomen- dasi ke Dinas Kesehatan, diumumkan setiap bulan dengan cara ditempelkan di mading yang  letaknya mudah dilihat  dan  dibaca oleh  masyarakat.

Manajemen pengaduan masyarakat di Puskesmas Lampa secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan dampak positif yang  dibuktikan dengan menurunnya keluhan menyangkut kenyamanan pe- layanan di tahun 2013.

Selain itu, Sejak tahun 2013, Puskesmas Lampa juga dipilih oleh Program Emas Kementerian Kesehatan sebagai   pendamping Puskesmas di Kabupaten  Bulukumba dan   Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan.  Direkomendasikan oleh   Dinas Kesehatan Kabupaten  Pinrang sebagai  contoh manajemen pengadu- an  masyarakat yang  dapat  direplikasi serta menjadi  tempat study  banding seluruh puskesmas di Kabupaten Pinrang. Dengan demikian, penanganan pengaduan masyarakat ini menjadi satu elemen kunci peningkatan pelayanan publik di Puskesmas Lampa Kabupaten Pinrang.