Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan Kabupaten Pinrang adalah inovasi dengan memberi kesem- patan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan program pembangunan, peningkatan kinerja pemerintah, dan pelayanan publik.

 

Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan menyediakan  sistem, dan prosedur yang me- mungkinkan segala keluhan, pengaduan, ataupun protes dapat terkelola dengan baik sehing- ga. Sebelumnya masyarakat memiliki keterbatasan dalam menyampaikan pengaduan antara lain karena frustrasi atau pesimisme; keengganan men- yampaikan pengaduan langsung; ket- erbatasan waktu pimpinan untuk mendengarkan sendiri pengaduan; dan penanganan pengad- uan  masih berbentuk manual.

Pengadu diberi akses untuk mengetahui status tindak lanjut dari pengaduannya. Agar waktu yang dibutuh- kan untuk menangani pengaduan lebih singkat dan biaya lebih sedikit, maka penanganan pengaduan dilakukan dengan memanfaatkan internet dan menggunakan aplikasi pengaduan yang terintegrasi.  Selain itu disediakan tempat khusus pelayanan pen- gaduan masyarakat yang nyaman dengan Petugas yang diseleksi dan wajib me- menuhi beber- apa kriteria sehingga cakap dalam menangani pengaduan.

Manfaat utama yaitu meningkatnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaran pelayanan publik, men- ingkatnya efisiensi dan efektifitas penanganan pengaduan masyarakat, dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.