MASALAH Minat masyarakat untuk mengunjungi Puskesmas tergolong rendah walaupun layanan tidak dikenakan biaya. Keengganan  ini disebabkan  oleh akses yang sulit dan preferensi warga yang lebih percaya pada pengobatan alternatif. Pasien akan dibawa ke Puskesmas setelah kondisi penyakitnya parah sehingga tingkat kesembuhannya sangat kecil.NFORMASI GEOGRAFIS DAN DEMGRAFIS Kota Makassar memiliki luas wilayah sebesar  175,77 km² dan pen- duduk  berjumlah 1,352,136 jiwa. Layanan kesehatan publik dilayani oleh 46 Puskesmas.

DESKRIPSI INOVASI Pemerintah Kota menerapak inovasi Home Care sebagai layanan keperawatan yang diberikan kepada pasien di rumahnya, di sam- ping layanan Puskesmas. Home Care melakukan keperawatan langsung di rumah pasien  secara komprehensif dengan melibatkan keluarga pasien. Konsep dasarnya adalah mengubah pelayanan tung- gu bola menjadi jemput bola dengan memindahkan sebagian pelayanan dasar kesehatan ke rumah warga yang tidak mampu. Home Care memastikan bahwa warga yang mengalami masalah kesehatan dapat ditolong dengan cepat.

STRATEGI INOVASI  Home Care menggunakan tiga tahap strategi. Pertama, Pra Home Care berupa per- en- canaan, penjadwalan perawatan,  penentuan jenis dan gradasi penyakit, jenis perawatan,  penunjang diagnosa, dan tindak lanjut. Kedua, pelaksanaan  Home Care berupa kunjungan petugas ke rumah pasien secara berkala, melaporkan hasilnya kepada dokter di rumah sakit, dan melakukan tindak lanjut. Ketiga, pasca Home Care berupa evaluasi klinis, bimbingan  teknis medis, review kasus, penatalak- sanaan waktu, dan penetapan frekuensi kunjungan, pemantauan dan evaluasi.

SEBELUM DAN SESUDAH INOVASI Sebelum inovasi, pasien sulit dibantu karena enggan datang ke Puskesmas. Sesudah inovasi, layanan diberikan di rumah sehingga kualitas kesehatan lebih baik, holistik dan komprehensif.

KELUARAN Jumlah pasien yang tertangani mening- kat tajam dari waktu ke waktu (dari 0 tahun 2014 menjadi 1.652 pada akhir tahun 2015). Pasien tidak perlu mengeluarkan sumber daya untuk perjala- nan, antri, dan biaya. Jumlah tenaga kesehatan yang terlibat dalam Home Care meningkat  seiring banyaknya permintaan kunjungan yang mencapai 144 petugas pada akhir tahun 2015. Dilakukan penambahan armada Home Care yang diberi nama Mobil Dottoro’ta menjadi 48 kendaraan. Pada setiap Puskesmas tersedia armada Home Care yang lengkap dengan peralatan  medis dan petugas kesehatan yang profesional.

MANFAAT Meringankan  biaya rawat inap. Pasien diurus oleh keluarga. Perawat dapat mengenal klien dan lingkungan pasien. Kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Kota meningkat.

PEMBELAJARAN Home Care Pendekatan pe- layanan dari rumah ke rumah berhasil menurunkan tingkat kematian. Komitmen pemerintah, kerja sama masyarakat dan berbagai pihak, dukungan sarana prasana menjadi kunci sukses inovasi ini.