Meski kegiatan kepariwisataan di  Kabupaten Pinrang semakin  meningkat,  banyak  tempat wisata yang tidak  dibarengi dengan fasilitas menginap (hotel). Selain itu, permintaan jasa perjalanan wisata (travelling)  belum dikelola dengan baik.

Dari latar belakang itu, SMKN 2 Pinrang memiliki ide untuk membangun dan membentuk usaha Akomodasi dan  Tiket Perjalanan. Tujuannya membantu warga masyarakat dalam masalah penyiapan jasa penginapan dan jasa tiket perjalanan.

Konsep interior kamar yang baik dan lingkungan yang kondusif membuat pengunjung sangat menikmati, sehingga umumnya pengunjung sangat  menginginkan konsep  Edotel  and Travel  SMKN 2 Pinrang direplikasi di daerah mereka.

Pada  tahun  2014 kepala  sekolah  SMKN 2 Pinrang   menetapkan   pendirian   Edotel   & Travel sebagai satu unit  usaha  produksi. Itu ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang susunan pengurus unit produksi  No. 412/042/SMKN2/2014 Tanggal 5 Februari  2014. Sedangkan  pembentukan unit produksi sendiri  berdasarkan  Peraturan Pemerintah  (PP) No.29 Tahun  1990  pasal  2 ayat  2 yang di dalmnya mengatur sekolah menengah kejuruan menjadi tenaga kerja.

Sebelum adanya inovasi Edotel, siswa melakukan praktek   di hotel lain dengan menempuh   perjalanan yang  cukup   jauh. Selain itu, untuk melakukan pelatihan reservasi dan  tiketing sebelumnya siswa harus men- cari travel  yang  memiliki  fasilitas  memadai dan baik untuk digunakan sesuai tuntutan materi pembelajaran. Mereka juga  perlu menyewa tempat lain dan   penggunaan ruangan kelas dengan kapasitas terbatas untuk mengadakan acara atau pelatihan. Dan yang penting, sangat sulit mendapatkan informasi akurat mengenai tempat dan  informasi harga menyangkut penginapan dan  daerah kunjungan objek wisata.

Tentu saja, dengan pengembangan inovasai Edotel and  Travel SMK Negeri 2 Pinrang, berbagai kendala tersebut bisa diatasi  dan bahkan peserta  didik bisa mengembangkan kompetensi lainnya seperti layanan relaksasi (Massage) sebagai daya tarik khususnya bagi guru yang secara tidak langsung meningkatkan layanan jasa di Edotel and  travel SMK Negeri 2 Pinrang.