Berawal dari semangat memberikan pelayanan  kesehatan  hewan yang tepat, mudah dan cepat, dilakukan  surveylans aktif untuk mengetahui penyebab kematian ternak yang sangat tinggi berdasarkan data tahun 2013. Diketahui kemudian bahwa kasus penyakit Coccidiosis pada pedet (anak sapi) atau lebih dikenal peternak dengan istilah ‘jambang darah ‘ dalam bahasa Bugis yang berarti berak darah adalah penyebab kematian tertinggi. Masalah kedua adalah keguguran akibat penyakit Brucellosis dan selanjutnya adalah penyakit ternak umum lainnya

 Program pengendalian Coccidiosis (berak darah) salah satunya melalui media layanan telepon darurat terbukti efektif   menekan angka kematian pedet. Peternak menjadi lebih antusias melaporkan setiap kejadian penyakit pada ternaknya sehingga nomor telepon darurat Cocidiosis beralih menjadi tempat melaporkan setiap kejadian penyakit ternak yang ditemukan. Hal inilah yang menjadi cikal bakal program CallNak Centre  yaitu sistem layanan aduan dan penanggulangan masalah Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Metode Pengobatan ternak ruminansia seringkali pilihannya dengan repeat injeksi minimal 3-4 hari  berturut-turut . Berdasarkan hal ini, CallNak Centre   dibangun  dengan sistem jaga dan melayani secara bergantian. Dengan sistem ini, petugas mendapat kesempatan yang sama untuk mebangun komunikasi dengan peternak dan megembangkan keahlian dan wawasannya.  

Dari yang hanya melayani pengobatan ternak sakit, CallNak Centre   berkembang mencakup beberapa jenis layanan yaitu pencegahan, pemeriksaan status kesehatan hewan, Inseminasi Buatan, asuransi ternak, jasa informasi dan administrasi usaha peternakan.  CallNak Centre   membangun pelayanan terpusat dan  terintegrasi dengan seluruh unit layanan Peternakan dan Kesehatan hewan. Membenahi sistem pelayanan yang dulunya berjalan sendiri-sendiri dan sering didapati suatu program justru menghalangi  tercapainya program lain.

CallNak Centre : LAWAN DAN LIBAS HABIS (Layanan Kesehatan Hewan dan Layanan Inseminasi Buatan Hanya Berselang Lima Belas Menit). Taglinenya bertujuan menyemangati petugas CallNak Centre untuk melayani tidak hanya berorientasi pada kuantitas, tapi juga berkualitas. Hasilnya dapat dilihat dengan capaian target layanan dan dampaknya bagi hewan/ternak yang meningkat status kesehatannya  serta tingkat kepuasan masyarakat yang cukup tinggi