SMART BUMDES

 

RINGKASAN

 

Nawacita ke tiga Jokowi - JK yaitu membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. sebagai frame mengawal UU No. 06 tahun 2014 tentang desa yang menjadikan desa sebagai basis utama pembangunan . Terbitnya Undang-undang tersebut memberi harapan dan peluang bagi desa untuk membangun dan menata desa dengan mendapat atensi yang luar biasa karena dipandang sebagai horizon baru dalam pemberdayaan dan pembangunan. Ada tiga sasaran utama yang menjadi perhatian yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia diDesa, Peningkatan pendapatan masyarakat melalui lembaga ekonomi dan pengentasan kemiskinan dan salah satu lembaga yang di harapkan hidup tumbuh dan berkembang di Desa adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) sebagaimana amanat UU No 6 tahun 2014, dan Permendesa No.4 Tahun 2015 Tentang Badan Usaha Milik Desa, Kabupaten Luwu Utara, melalui dinas pemberdayaan masyarakat dan desa, membina dan mengembangkan badan usaha milik desa melalui Perda no 6 tahun 2010 tentang pendirian dan bumdes sejumlah 166 Bumdes yang tersebar di 15 kecamatan 166 desa.

Inovasi smart bumdes Luwu Utara merupakan salah satu target 4 prioritas penggunaan dana desa tahun 2017-2018 melalui permendesa no 19 tahun 2017 tentang skala prioritas penggunaan dana desa dengan 4 program unggulan masing-masing yaitu program unggulan kawasan pedesaan, sarana olahraga pedesaan, bumdes dan embung desa.

Namun demikian Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) masih diperhadapkan pada berbagai masalah diantaranya Kemampuan manejerial pengurus Bumdes, bantuan Modal Bank dan penyertaan modal masyarakat belum ada,begitupula kerjasama pihak swasta dalam pengelolaan potensi sumber daya alam serta dukungan pemangku kepentingan belum bersinergi dengan Pengurus Bumdes.

Keterlibatan stakeholder baik internal maupun eksternal sangat mempengaruhi keberhasilan inovasi ini didukung oleh Bupati, SKPD teknis, pemerintah kecamatan desa dan masyarakat, sehingga tujuan jangka dapat tercapai dengan terbitnya Perbub. Nomor 65 tahun 2017 tentang pembentukan smart bumdes.