SMART AUDITING

 

Untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa bebas dari korupsi di Kota Makassar, dibutuhkan pengawasan yang efektif dan profesional oleh APIP. Namun demikian, terdapat beberapa masalah sehingga pengawasan yang dilakukan oleh APIP belum optimal :

 

  1. Pemeriksaan dokumen pertanggungjawaban kegiatan/keuangan masih dilakukan secara manual

 

  1. Penyusunan dokumen pertanggungjawaban kegiatan/keuangan tidak tepat waktu dan tidak teraturnya pengarsipan dan proses pendokumentasiannya oleh SKPD

 

  1. Tidak terdapat database pertanggungjawaban kegiatan/keuangan secara terpusat dan akses terhadap dokumen pertanggungjawaban keuangan susah.

 

  1. Kurangnya jumlah auditor dibandingkan dengan jumlah besaran dana, program dan kegiatan yang diawasi.

 

Permasalahan tersebut menyebabkan proses pemeriksaan laporan pertanggungjawaban keuangan SKPD yang dilakukan APIP menjadi lambat dan sulit untuk melakukan deteksi dini terhadap potensi penyimpangan yang mungkin terjadi di SKPD.

 

Untuk mengatasinya, Pemerintah Kota Makassar memulai reformasi pengawasan melalui inovasi Pemeriksaan Berbasis Elektronik (Smart Auditing) menjadikan pengawasan dilakukan secara efisien, efektif dan profesional. Strateginya, dengan membuat aplikasi pemeriksaan berbasis online dan membangun database dokumen pertanggungjawaban keuangan dan kegiatan yang terintegrasi dengan aplikasi sistem akuntansi keuangan daerah.

 

Setelah dua tahun dilaksanakan, APIP dan Stakeholder dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

 

  1. APIP melakukan kegiatan pemeriksaan lebih cepat dan menyeluruh walaupun dengan jumlah auditor terbatas karena akses terhadap dokumen pertanggungjawan kegiatan dan keuangan dengan

sistem online sehingga dapat dilakukan Probity Audit untuk deteksi dini potensi penyimpangan.

  1. SKPD lebih tertib dan tepat waktu dalam menyusun dokumen pertanggungjawaban keuangan sehingga meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pertanggungjawaban pengelolaan kegiatan dan keuangan pada seluruh SKPD.
  2. Aparat pemeriksa lainnya, baik Internal maupun eksternal lebih mudah mengakses dokumen pertanggungjawaban yang ada pada database untuk tujuan pemeriksaannya.

 

Pengawasan yang dilakukan dengan inovasi Smart Auditing meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pertanggungjawaban pengelolaan kegiatan dan keuangan pada seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar dan meminimalkan berbagai bentuk penyimpangan yang dapat menghambat pelaksanaan pembangunan daerah sehingga mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik pada Pemerintah Kota Makassar