SI CEPAT PEDIS MAMI RENDI

 

RINGKASAN INOVASI

Reaksi Cepat Tepat Pelayanan Disdukcapil Masyarakat Miskin, Rentan dan Disabilitas (Si Cepat Pedis Mami Rendi) adalah merupakan tim percepatan pelayanan dalam rangka penanganan kepemilikan administrasi kependudukan antara lain kepemilikan KK berbasis NIK, KTP-el, Akte Kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya bagi masyarakat miskin, rentan dan disabilitas.

Si Cepat Pedis Mami Rendi bergerak semata-mata untuk pemenuhan kebutuhan kepemilikan administrasi kependudukan bagi warga miskin dan warga yang mengalami musibah bencana alam (kebakaran, banjir dll) serta masalah sosial yang sewaktu-waktu terjadi baik siang maupun malam.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantaeng sebagai penyelenggara yang diberi tanggung jawab atas administrasi kependudukan di Kabupaten yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. Si Cepat Pedis Mami Rendi reaksi cepat dalam cakupan maupun secara kualitas mendapatkan jangkauan dan kepuasan pelayanan tidak hentinya mencari jalan untuk memberikan kepuasan masyarakat secara adil baik warga mampu, miskin, sehat, sakit dan tidak membedakan sempurna baik secara fisik maupun mental serta kesetaraan.

Sejalan dengan berjalannya waktu kami mempunyai banyak pekerjaan yang harus diselesaikan yang menjadi tanggungjawab kami penyedia layanan administrasi kependudukan. Ternyata masih banyak warga tidak mampu atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang belum tersentuh kepemilikan dokumen atau rentan yang dengan keterbatasannya dia harus berdiam karena tidak mempunyai kemampuan baik secara ekonomi (transport), keterbatasan fisik, keterbatasan pendidikan dan kesehatan sehingga tidak mampu menjangkau layanan publik untuk urusan administrasi kependudukan.