SIGA (SISTEM iNFORMASI GENDER DAN ANAK) SULSEL

Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak responsif gender, akan menyisakan banyak masalah ketid akadilan.Data terpilah gender dan anak, menjadi salah satu prasyarat pelaksanaan pembangunan yang responsive gender. Masalahnya, data terpilah gender dan anak sulit diperoleh. Salah satu sebabnya adalah pengumpulan data terpilah dilakukan secara manual, yang rentan hilang dan tidak terjaga kontinuitasnya, serta tidak dapat diakses dengan mudah oleh seluruh pihak yang membutuhkan. Akibatnya, data terpilah belum banyak digunakan untuk menyusun perencanaan pembangunan. Dampaknya, kesenjangan gender yang terjadi di tengah masyarakat tidak mampu ditemukenali dengan baik.

 

Pada akhir tahun 2015, inovasi SIGA Sulsel ini hadir untuk menjawab masalah tersebut diatas. Inovasi ini memecahkan masalah dengan membuka akses informasi data terpilah gender dan anak. Pengembangan inovasi ini dilaksanakan dengan strategi sebagai berikut : 1) Menyediakan platform pengumpulan, pendokumentasian, dan penyebarluasan data dan informasi gender dan anak, 2) Membentuk Tim Data Gender dan Anak Tingkat Provinsi, 3) Meningkatkan pemahaman dan kapasitas tim data daerah, dan 4) Menjaga kontinyuitas penyediaan data dan informasi gender dan anak secara periodik.

 

Setelah 4 tahun inovasi ini dilaksanakan, banyak manfaat yang telah dirasakan oleh perangkat daerah dan organisasi masyarakat sipil. Jumlah data yang dipublikasi telah menca[ai 204 jenis data dan jumlah informasi berupa bahan edukasi dan komunikasi telah mencapai lebih dari 30 topik. Sebanyak 17 perangkat daerah dan 8 instansi vertikal telah berkontribusi aktfif dalam pendokumentasian dan penyebarluasan data gender dan anak. Dampaknya adalah perencanaan yang responsif gender berbasis data terpilah telah dilakukan oleh 17 perangkat daerah dan 8 instansi vertikal dimaksud. Hadirnya SIGA Sulsel juga memicu pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan untuk melakukan replikasi aplikasi. Tercatat sebanyak 13 dari 24 kab/kota atau 54 persen kab/kota di Sulawesi Selatan telah memiliki SIGA Daerah..

 

Akses SIGA Sulsel dapat diperoleh di pencarian google dengan mengetik “sigasulsel” atau akses langsung ke alamat https://dp3a.sulselprov.go.id/siga