SEBAGAI perusahaan yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan air pelanggannya, PAMmenghadapi ancaman berupa memburuknya kualitas air baku di saat hujan dan berkurang di saat kemarau sehingga menurunkan produksi air. Akibatnya distribusi air perpipaan terganggu dan menyebabkan macet air di wilayah layanan terjauh dan tertinggi.

Pertumbuhan penduduk yang seharusnya menjadi peluang bagi corebusiness justru menjadi ancaman. Penambahan jumlah anggota keluarga pelanggan akan menambah kebutuhan air sehingga semakin memperbesar terjadinya kemacetan. Demikian pula dengan ekspansi kawasan perumahanbaru yang akan menimbulkan pelanggan potensial. Pertambahan pelanggan potensial akan mengancam PAM dalam mempersiapkan kemungkinan penambahan pelanggan baru. Ancaman ini terjadi karena ketidakseimbangan rasio produksi dengan konsumsi air.

Sebelum tahun 2010, folow up kemacetan air ditempuh dengan mendistribusikan air gratis dari truk tangki secara antre dan door to door. Upaya ini justru menambah masalah baru. Pelanggan mengorbankan waktu, tenaga, biaya dan menderita beban psikis. Sedangkan PAM mengalami inefisiensi dan kehilangan pendapatan yang cukup signifikan. Kompleksitas masalah ini telah mendorong PAM menemukan strategi baru, yakni inovasi Penyuntikan Air.

Inovasi ini sangat sederhana karena seluruh perangkat yang digunakan telah diketahui PDAM secara umum. Keunikan inovasi ini terletak pada pengalihan fungsiaksesories, seperti washout yang semula berfungsi sebagai outlet pembersihan air terdistribusi dari inlet masuknya air terdistribusi dari slang truk tangki menuju seluruh kran rumah pelanggan yang kemudian berhasil membangun normalisasi distribusi air ke pelanggan.

Penyuntikan merupakan percepatan distribusi air daritruk tangki ke wilayah layanan macet mengingat apabila didistribusikan melalui perpipaan dari reservoar (penampungan sementara air siap distribusi) akan membutuhkan waktu yang relatif lama karena pipa distribusi sangat panjang dan interkoneksi.

Penyuntikan menyebabkan biaya operasional menurun drastis karena mobilitas truk tangki sangat efisien. Air penyuntikan tetap direkeningairkan sehingga potensi kehilangan pendapatan tidak terjadi. SemogaAir Disuntik, Resahpun Terobati!