PADA 2009 dan 2010 telah dilakukan pendataan indikator kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep. Salah satunya pendataan Kelompok Sadar Gizi (Kadarzi) yang ditujukan kepada puskesmas. Dari hasil pendataan tersebut, terlihat masih rendahnya cakupan pemberian ASI Eksklusif khususnya di Desa Batara. Sehingga, perlu upaya-upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai ASI Eksklusif.

Pendekatan inovatif dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yaitu Pembentukan Kelompok Pendukung ASI (KP-ASI), melakukan MMD dan melakukan advokasi kepada desa, dengan pengadaan buku saku. Selain itu, memberikan pelatihan kelompok, melakukan pertemuan KP-ASI atau Pendampingan, dan melakukan kunjungan.

Dampak tidak langsung dari proses atau sistem yaitu menurunnya jumlah balita gizi buruk; menurunnya angka kematian ibu dan anak dan adanya peningkatan kenaikan berat badan bagi anak yang telah diberi ASI secara eksklusif dan dilanjutkan sampai berusia 2 tahun. Hal ini berkontribusi terhadap peningkatan status gizi masyarakat khususnya pada ibu dan anak. Yang terpenting, telah terjadi perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat di bidang kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Pangkep dan Dinas Kesehatan Pangkep melakukan upaya peningkatan Rencana Aksi Akselerasi Pemberian ASI Eklusif. Dinas kesehatan memberikan acuan berupa kerjasama lintas sektor Inisiatif ini juga menjalin sinergitas dan melibatkan beberapa organisasi seperti AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), tokoh-tokoh masyarakat, tokoh- tokoh agama dan lain-lain.

Strategi yang dikembangkan yaitu Tim Perkesmas bekerja sama dengan program lain, Sosialisasi Tenaga Konselor ASI dalam melakukan pendampingan dan Peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan Motivator ASI.

Sumber pembiayaan dalam kegiatan pelayanan konseling bagi ibu hamil dan ibu menyusui dari Dinas Kesehatan yaitu menggunakan sumber dana BOK (Biaya Operasional Kesehatan). Monitoring dan Evaluasi dilakukan dengan cara supervisi, terutama yang berkaitan dengan pelaksanaan 10 LMKM (Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui).