SEJALAN dengan perkembangan manajemen penyelenggaraan negara dan untuk mewujudkan pelayanan prima serta berkualitas, paradigma pelayanan pubik berkembang dengan fokus pengelolaan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.Untuk itu,salah satu unsur utama dalam proses peningkatan pelayanan publik yang harus dilakukan adalah dengan memberikan akses kepada masyarakat untuk terlibat langsung dalam setiap perubahan ke arah yang lebih baik dan terencana.

Dalam konteks ini partisipasi merupakan salah satu bentuk yang sangat mendasar,sekaligus mengajak seluruh komponen masyarakat bertanggungjawab dalam setiap proses peningkatan pelayanan publik mulai dari tahap

perencanaan sampai pengawasan dan evaluasi.

Manajemen pengaduan masyarakat Puskesmas Lampa merupakan suatu cara untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat terlibat langsung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan melalui saran, kritik maupun masukan yang bersifat konstruktif.

Pelaksanaan manajemen pengaduan masyarakat di Puskesmas Lampa telah diterapkan sejak tahun 2012 dengan menyediakan beberapa alternatif saluran pengaduan antara lain kotak saran di Puskesmas Lampa dan Poskesdes, telepon/SMS (call center), penyampaian langsung kepada petugas informasi puskesmas, tatap muka dengan Kepala Puskesmas atau Kepala Tata Usaha dan melalui blog www. puskesmaslampa.blogspot.com / email puskesmas www.puskesmas_lampa@yahoo.co.id.

Tindak lanjut pengaduan berupa jawaban langsung, perbaikan, rencana perbaikan maupun rekomendasi ke Dinas Kesehatan, diumumkan setiap bulan dengan cara ditempelkan di mading yang letaknya mudah dilihat dan dibaca oleh masyarakat.

Manajemen pengaduan masyarakat di Puskesmas Lampa secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan dampak positif yang dibuktikan dengan menurunnya keluhan menyangkut kenyamanan pelayanan di tahun 2013.

Selain itu, Sejak tahun 2013, Puskesmas Lampa juga dipilih oleh Program Emas Kementerian Kesehatan sebagai pendamping Puskesmas di Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan. Direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang sebagai contoh manajemen pengaduan masyarakat yang dapat direplikasi serta menjadi tempat study banding seluruh puskesmas di Kabupaten Pinrang. Dengan demikian, penanganan pengaduan masyarakat ini menjadi satu elemen kunci peningkatan pelayanan publik di Puskesmas Lampa Kabupaten Pinrang. 

 

Sumber: Top 99 SINOVIK 2014