PADA malam penghargaan FIPO Autonomy Award yang diselenggarakan tanggal 14 September 2013, kabupaten Luwu Utara di Sulawesi Selatan berhasil membawa pulang piala bergengsi FIPO award untuk kategori inovasi terbaik di bidang pelayanan publik.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ir. H. Agus Arifin Nu'mang menyerahkan penghargaan FIPO award kepada sejumlah kabupaten yang telah berhasil melakukan tata kelola yang baik, termasuk Luwu Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Luwu UtaraHj.IndahPutriIndriani,S.Ip,M.Si.KabupatenLuwuUtaramenangpenghargaan tersebut karena prestasinya yang luar biasa dalam meningkatkan partisipasi publik.

Selama satu tahun terakhir, organisasi media JURnal Celebes membantu forum masyarakat untuk pengawasan publik, Fakta untuk melakukan diskusi publik rutin di salah satu warung kopi di kabupaten Luwu Utara. Forum informal ini yang juga dikenal sebagai Warung Demokrasi dirancang untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyuarakan keprihatinannya tentang isu-isu pelayanan publik dan memberikan kesempatan bagi pejabat pemerintah daerah untuk mendapat umpan balik yang penting dari masyarakat.

Dengan dukungan program Kinerja USAID yang bertujuan untuk memperbaiki tata kelola pelayanan publik, Warung Demokrasi menjadi motor penggerak pelaksanaan kebijakan daerah yang penting, seperti peraturan Bupati tentang distribusi guru proporsional. Karena merasa prihatin dengan kesenjangan kualitas pendidikan di desa dan kota di Luwu Utara, beberapa perwakilan dari persatuan guru, dinas pendidikan dan pemerhati pendidikan menggunakan Warung Demokrasi untuk menggelar diskusi tentang distribusi guru proporsional dan meminta pemerintah untuk segera memindahkan guru ke sekolah-sekolah yang paling membutuhkan

Wakil Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani, S.Ip, M.Si merasa optimis dengan manfaat jangka panjang forum diskusi publik seperti Warung Demokrasi. Beliau mengatakan bahwa forum tersebut dapat memacu partisipasi masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan partisipasi mereka untuk mengawasi pelayanan publik.

Lebih lanjut, wakil bupati menjelaskan bahwa Warung Demokrasi juga bermanfaat secara langsung bagi pemerintah. “Diskusi publik akan membantu pemerintah menciptakan pemerintahan yang lebih efektif melalui dialog. Melalui wadah ini, pemerintah daerah dapat mengkomunikasikan program dan rencananya,” tambah wakil bupati.

Selain meningkatkan partisipasi publik, koordinator Fakta, Suharto mengatakan bahwa Warung Demokrasi yang disiarkan secara langsung oleh salah satu radio lokal juga meningkatkan akses informasi bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil.

Setelah menerima FIPO award, wakil bupati dan koordinator Fakta berharap bahwa Warung Demokrasi akan memotivasi pemerintah untuk mengoptimalkan pelayanannya dan menjaga hubungan baiknya dengan masyarakat.

Kinerja memberikan bantuan teknis kepada masyarakat di seluruh Indonesia agar mereka mampu meminta pelayanan publik yang berkualitas dari pemerintah daerah. Pada saat yang bersamaan, program Kinerja membantu pemerintah daerah untuk membuat program yang lebih efektif, transparan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. 

 

Sumber: Kisah Sukses KINERJA-USAID 2013