Mobile Community Access Point (M-CAP) adalah fasilitas "layanan bergerak" untuk pembelajaran bagi warga masyarakat yang disediakan oleh M-CAP berupa akses informasi dan pengetahuan berbasis internet dengan memanfaatkan TIK.  

Mobile Community Access Point (M-CAP) memiliki 3 fungsi utama, yaitu :

-Unit pembelajaran berbasis TIK serta akses internet;

-Akses layanan telepon;

-kegiatan diseminasi informasi audio-visual

M-CAP memiliki kelengkapan berupa komputer, telepon, dan faksimal serta pencetak digital. Untuk meningkatkan nimat belajar pemahaman TIK (e-literasi) serta menyebarkan informasi, ilmu, teknologi dan seni budaya secara aktual dalam rangka memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan global masyarakat.

Tujuan fasilitasi M-CAP adalah guna memperluas jangkauan layanan pemanfaatan telematika, serta memberikan kesempatan pemerataan pembelajaran e-literasi bagi warga yang belum terjangkau layanan tetap.

Sasaran pemberdayaan telematika ditujukan terutama bagi kelompok pemuda, remaja dan kaum wanita, baik di sekolah maupun di luar sekolah, terutama kelompok warga yang tidak memiliki akses dan sumber pembelajaran sendiri. Kehadiran M-CAP ini diharapkan mendukung berbagai program pemerintah dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sekaligus mengentaskan kemiskinan.

Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M.Plik) sesuai dengan fungsi dan tujuannya, mendukung perluasan layanan akses internet bagi masyarakat luas dan sebagai percepatan peningkatan keterjangkauan pemerataan layanan sekaligus guna mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk tujuan peningkatan kecerdasan warga dan kesejahteraan masyarakat, berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik pada kegiatan tersebut.

sumber : Buku TOP 99 2014