Dampak positif yang bermanfaat bagi masyarakat pelaku usaha perikanan dari Inovasi “SEJUTA IKAN” adalah:

  1. Masyarakat pelaku usaha perikanan dapat memperoleh Sertifikat Pengujian Mutu dengan lebih cepat. Waktu pengujian yang sebelumnya 8-12 hari, dapat dipersingkat menjadi 6-10 hari.
  2. Kemudahan yang dirasakan langsung oleh masyarakat pelaku usaha perikanan dalam menerima sertifikat pengujian mutu hasil perikanan. Hasil pengujian yang telah selesai, diterbitkan dalam sertifikat Pengujian mutu hasil perikanan dan langsung diantarkan kepada masyarakat pelaku usaha perikanan. Proses kemudahan pengantaran sertifikat pengujian berdampak pada kelancaran ekspor produk hasil perikanan dari Sulawesi selatan.
  3. Proses pengantaran sertifikat pengujian menjadi lebih efektif dan efisien dalam hal waktu dan biaya transportasi. Pemohon tidak lagi mengeluarkan biaya untuk bahan bakar dan biaya tol serta tidak perlu lagi menyisihkan waktu sibuk untuk pengambilan sertifikat pengujian mutu hasil perikanan di BP3MPHKP.
  4. Proses penerbitan sertifikat pengujian yang lebih cepat dan terdapat kepastian jangka waktu penerbitan sertifikat hasil pengujian, sehingga proses pengantaran sertifikat pengujian menjadi lebih cepat, tepat dan aman.

Pelaksanaan Inovasi “SEJUTA IKAN” juga memberikan dampak nyata keberhasilan pelaksanaan inovasi ini dan berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan di BP3MPHKP, antara lain :

  1. Meningkatnya jumlah sertifikat pengujian mutu hasil perikanan yang diterbitkan pada tahun 2017 sebanyak 664 sertifikat (69,39%) dibanding tahun 2016 hanya 392 sertifikat.
  2. Meningkatnya jumlah pemohon sertifikat pengujian mutu hasil perikanan pada tahun 2017 sebanyak 69 pemohon (165,38%) dibanding tahun 2016 hanya 26 pemohon.
  3. Menurunnya jumlah keluhan masyarakat pelaku usaha perikanan. Pada 2016 terdapat 5 keluhan dan tahun 2017 tidak terdapat keluhan sama sekali (zero complaint).

 

Proposal lengkap dapat di unduh disini