“Kelas Perahu” adalah tempat belajar bagi siswa  pada perahu yang  digunakannya untuk melaut. sebagai sebuah layanan pendidikan di daerah kepulauan Kabupaten Pangkep bagi siswa yang melaut dengan sistem belajar Mandiri dengan menggunakan LKS.

            Merupakan sebuah upaya membantu memberi pelayananan “Pendidikan Untuk Semua”  terhadap banyaknya anak putus sekolah dan tidak melanjutkan pendidikan di daerah kepulauan Kabupaten Pangkep baik  karena anak tersebut bekerja membantu orang tua maupun karena Kondisi ekonomi.untuk  kelangsungan  kehidupannya. 

            Pelayanan pendidikan di” Kelas Perahu “ memberi kesempatan kepada semua anak  untuk tetap bersekolah, baik yang terdaftar di sekolah reguler oleh pemerintah maupun yang dikelola  masyarakat dengan tidak diskriminatif  dalam memberikan layanan dan bersifat  ramah anak . 

Proses pembelajaran pada “Kelas Perahu” di sesuaikan dengan kondisi siswa pada saat  melaut dan pada saat siswa tidak melaut. Sehingga Pembelajaran tetap dilaksanakan di tempat siswa berada.

Pada Pelaksanaan Proses Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan Pembelajaran yang menyenangkan dan Ramah Anak sesuai dengan tempat siswa berada.

Kegiatan Guru dalam pembelajaran dengan cara mendampingi  siswa yang berada di kelas perahu untuk melaksanakan pembelajaran, dengan kegiatan:

  1. Penjelasan Materi, Pemberian Tugas dan pembimbingan
  2. Penugasan siswa pada LKS
  3. Pembelajaran berbasis lingkungan wilayah kepulauan.
  4. Penilaian
  5. untuk mengukur ketercapaian PBM guru menggunakan LKS, Buku Tugas dan Portofolio siswa untuk penilaian. Untuk dapat mengetahui keberlangsungan pembelajaran di kelas perahu keterlibatan Pengawas  sekolah dan kepala sekolah untuk melaksanakan monev dan melaporkan kegiatan tersebut