Bertempat di Ruang Command Center Dinas Kominfo Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Jumat (5/7/2019) dilakukan Penyerahan Pengelolaan LAPOR! dari Inspektorat Sulsel ke Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan.

Haryanto Irawan mewakili Inspektorat Sulsel sebagai pengelola awal Aplikasi LAPOR! mengatakan bahwa Aplikasi LAPOR! saat ini sudah masuk ke versi 3.0 dan sudah berjalan maksimal. Jadi sudah siap untuk diserahkan pengelolaannya ke Dinas Kominfo. “Akun-akun untuk pejabat penghubung sudah bisa digunakan dengan merujuk pada akun-akun di versi sebelumnya, yakni versi 2.0,” kata Haryanto.

“LAPOR!SP4N ini sudah dikelola sesuai dengan tupoksi yang ada di Inspektorat dan sudah dilakukan juga sosialisasi di lingkup OPD dan kabupaten/kota bekerjasama dengan GIZ dan pihak Kominfo,”tambahnya.

“Kami juga sudah membuat surat percepatan kab kota untuk dapat mengakses ataupun mempercepat keterhubungan LAPOR!SP4N dengan Pemerintah kabupaten/kota. Tinggal bagaimana mengkomunikasikan dengan pihak kemenPAN terkait akun-akun yang sudah ada,”jelasnya.

Menyikapi penyerahan Pengelolaan LAPOR! ke Dinas Kominfo SP Prov Sulsel, Kadis Kominfo Sulsel, Ir. H. Andi Hasdullah menyambut baik dan pihak Diskominfo sendiri sudah siap bersama tim arsitektur untuk mengambil alih pengelolaannya.

Acara ini menjadi sangat penting karena terkait bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi LAPOR!, khususnya di Sulawesi Selatan yang sudah diberlakukan secara nasional. “Provinsi dan seluruh kabupaten/kota wajib menggunakan aplikasi ini secara terpusat sampai ke kepala daerah. Jadi satu pintu di tingkat nasional,” tegas Hasdullah.

Hasdullah menambahkan, beberapa hal penting yang harus segera ditindaklanjuti oleh Diskominfo sebagai pengelola baru adalah segera memperbaharui integrasi Aplikasi LAPOR! Versi 3.0 dengan BARUGA Versi.2.1.

“Jika BARUGA sudah terintegrasi dengan LAPOR! maka volume pengaduan di BARUGA juga akan terlihat di LAPOR!. Jadi volume pelaporannya di LAPOR!  juga akan seiring dengan volume pelaporan yang ada di BARUGA,”beber Andi Hasdullah.

Sekarang, lanjut Hasdullah, rata-rata 10-15 bahkan 20 aduan per hari. Kita akan terus mensosialisasikan BARUGA ini, bahkan Gubernur pun didalam akun Instagramnya selalu menyebut datanglah ke Baruga Sulsel.

“Laporan terakhir sudah ada sekitar 600 instansi yang terakses di BARUGA Sulsel, kabupaten/kota, menyebar ke SKPD, kecamatan bahakan sampai ke desa. Kita berharap tidak hanya sampai disitu, kita akan terus mensosialisasikan baik LAPOR! maupun BARUGA sehingga seluruh masyarakat Sulawesi Selatan tahu bahwa ada kanal yang disiapkan untuk mereka yang ingin menyampaikan aspirasi. Sosialisasi pelimpahan pengelolaan LAPOR! ke Dinas Kominfo juga akan terus dilakukan ke Kab /kota terkait,” pungkasnya.

Sementara, Kabag Tata Laksana dari Biro Ortala Setda Prov Sulsel, A. Mirna sebagai penanggap juga menyampaikan apresiasinya dengan adanya penyerahan LAPOR! ini ke Dinas Kominfo karena sangat membantu dalam hal pelayanan publik yang ada di Sulsel, jadi pengaduan-pengaduan yang masuk ke BARUGA yang terintegrasi dengan LAPOR!SP4N bisa terlihat di Prov, Kab/Kota bahkan di Pusat terkait seberapa banyak laporan yang sudah dan belum ditindaklanjuti serta permasalahannya.

Kesempatan yang sama, Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (GUPP) Prof Yusran, juga mengapresiasi kerjasama Dinas Kominfo, terutama Tim Arsitek dan Inspektorat sehingga pelaksanaan penyerahan pengelolaan LAPOR! ini bisa terlaksana dengan baik dan tentunya integrasi antar LAPOR!SP4N dan BARUGA bisa segera dilakukan.

“Harapan kita bersama bisa memperbaiki system pelayanan publik yang cepat, tepat dan akurat. Tantangan kita kedepan adalah bagaiman memelihara dan menjalankan aplikasi dengan baik karena IT adalah sesuatu yang sangat cepat perkembangannya dan ini akan dipantau terus oleh publik sehingga kinerja kita juga akan terlihat, bagaimana kita mengelola LAPOR! ini,” harap Prof Yusran.

“Kita berharap apa yang kita lakukan ini bisa segera terealisasi dengan bergerak bersama OPD bagaimana mewujudkan Sulsel yang lebih baik kedepan sesuai dengan misi Gubernur Sulsel yakni Sulsel bersih melayani bisa kita wujudkan melalui media yang kita bangun bersama,” pungkasnya.

Acara penyerahan pengelolaan ini ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima oleh Pihak Inspektorat dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Prov Sulsel disaksikan oleh Tim GUPP Prov Sulsel, Perwakilan dari GIZ-Transformasi, dan Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Prov Sulsel.

Sumber: https://sulselprov.go.id/welcome/post/diskominfo-sulsel-resmi-kelola-aplikasi-lapor