MAKASSAR, EDELWEISNEWS.COM – Kota Makassar akhirnya masuk menjadi TOP 21 Inovasi Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) Kemenpan RB tahun 2020. Makassar masuk melalui program Dongkelor, salah satu inovasi Dinas Perpustakaan Makassar.

Dongkelor yang didaftar oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar untuk kategori Pengetahuan Publik mampu melewati tahapan proses evaluasi yang diikuti oleh kementerian/ lembaga, provinsi, kabupaten, kota, perguruan tinggi, perusahaan swasta dan masyarakat sipil, dengan jumlah seluruhnya 1.204 inovasi yang masuk di Kemenpan RB.

Dongkelor ditetapkan sebagai TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik berdasarkan keputusan Menpan RB Nomor 246 Tahun 2020 Tentang TOP 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid -19 yang diumumkan melalui siaran langsung Live Streaming Youtube Kementerian RB, Rabu (26/8/2020).

Dongkelor atau akronim dari Dongeng Keliling Online dari Rumah lahir di tengah pandemi Covid-19. Dongkelor adalah perluasan layanan dari kegiatan inovasi Layanan Perpustakaan Keliling dan Dongeng Keliling yang dikenal dengan Dongkel Perpusling atau Dongkel with Mobile Library di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Sejak pandemi Covid-19, otomatis menghentikan semua kegiatan layanan Dongkel Perpusling yang selalu mendatangi sekolah dan tempat-tempat umum di Kota Makassar. Kemudian muncullah ide untuk memindahkan semua aktivitas mendongeng itu ke dunia maya, sekaligus memberikan edukasi untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan Covid -19.

Nama Dongkelor terinspirasi juga dari nama tumbuhan yang dipercaya bisa menangkal virus corona yakni Daun Kelor. Ide tersebut akhirnya terwujud dan edisi perdana pun diluncurkan live bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu tanggal 2 Mei 2020 di akun instagram Dongkel Perpusling.

Episode berikutnya terus berlanjut setiap hari Sabtu dan tayang di YouTube setiap pukul 10.00 Wita. Dongkelor berhasil menghidupkan kembali detak jantung Dongkel Perpusling saat semua orang diharuskan untuk tetap di rumah saja. Kemasan Dongkelor berisi edukasi pencegahan Covid – 19, serta ajakan gemar membaca dan menikmati layanan perpustakaan digital melalui aplikasi ePustaka Kota Makassar Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Seluruh pengambilan gambar Dongkelor dilakukan di studio 1 Perpustakaan Umum Kota Makassar.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan mengantarkan Dongkelor menjadi TOP 21 Penanganan Covid-19. Pengumuman TOP 21 Nasional dapat dilihat di sini : https://youtu.be/YJmWzQ1HB4w.