CDR Rescue diluncurkan untuk mengatasi masalah dokumen administrasi kependudukan masyarakat. Inovasi ini adalah layanan darurat bagi masyarakat yang sakit, disabilitas, lansia, dan mengalami gangguan kejiwaan yang tidak memiliki dokumen kependudukan sehingga sulit mendapatkan layanan dasar seperti layanan kesehatan, pendidikan dan sosial lainnya. Pelaksanaan Inovasi ini dilakukan secara home to home and anywhere any place khususnya bagi pendudukrentan yang tidak mampu untuk datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Guna Efektifitas layanan dilakukan dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah Desa/kelurahan, Pemerintah kecamatan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Rumah Sakit dan Puskesmas. Selain itu terdapat Call Center dan loket layanan CDR bagi yang ingin melaporkan secara langsung masyarakat yang membutuhkan pelayanan.
Program ini berdampak signifikan terutama kelompok rentan yang memiliki keterbatasan untuk datang ke Disdukcapil. Jumlah layanan Disudkcapil meningkat dari tahun ke tahun dimana pada tahun 2019 berjumlah 7.500, tahun 2020 berjumlah 7.965, dan tahun 2021 berjumlah 9.031. Layanan CDR Rescue ini berkontribusi terhadap peningkatan pelayanan di Disdukcapil.
Total Ukuran | Jumlah File | Tanggal Upload | Tanggal Update | Download |
---|---|---|---|---|
0 MB | 1 | 2023-06-14 | 2024-10-04 19:39:28 |