BRIGADE SIAGA 115

 

Ringkasan

Ketidakberdayaan masyarakat untuk menolong diri sendiri dan keluarga dalam bidang kesehatan merupakan masalah yang sedang ditangani oleh pemerintah Kabupaten Jeneponto. Salah satu cara yang dilaksanakan untuk mengurangi ketidakberdayaan masyarakat dalam mengakses sarana kesehatan adalah dengan membentuk tim gerak cepat secara mobile di setiap UPTD puskesmas yang selanjutnya diberi nama BRIGADE SIAGA 115. Upaya ini dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Kesehatan.

 

Brigade Siaga 115 merupakan program inovasi sektor layanan kesehatan kabupaten Jeneponto dalam upaya meningkatkan dan mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu dasar terbentuknya inovasi ini adalah sulitnya masyarakat -yang mengalami masalah kesehatan- mengakses fasilitas kesehatan dikarenakan domisili yang jauh di pelosok desa, di ketinggian bukit-bukit, atau pun di pesisir pantai.

 

Dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik khususnya pelayanan publik di bidang kesehatan, maka layanan Brigade Siaga 115 telah memberikan dampak yang signifikan yaitu peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat tidak kesulitan lagi mencari pertolongan terutama yang bersifat kegawatdaruratan selain itu juga tersedia sarana transportasi berupa ambulance jika terjadi kasus yang perlu dirujuk baik ke puskesmas maupun ke rumah sakit.

 

Ketersediaan tim gerak cepat Brigade Siaga 115 di masing-masing UPTD puskesmas  lebih mendekatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan rujukan kepada masyarakat. Masyarakat yang membutuhkan pertolongan kesehatan khususnya kasus kegawatdaruratan dapat segera dilakukan tindakan penyelamatan. Dengan layanan Brigade Siaga 115, masyarakat tidak perlu lagi khawatir terlambat memperoleh pelayanan kesehatan, terutama masyarakat yang berada pada daerah sulit akses kendaraan roda empat, karena Tim Brigade Siaga 115 siap 24 jam menerima panggilan layanan kesehatan.