KAMPUNG PENYELAMAT JIWA

 

Ringkasan

Inovasi Kampung penyelamat jiwa berawal dari kurangnya motivasi, pemahaman masyarakat yang ada di kampung-kampung tentang pentingnya melakukan donor darah, dan terbatasnya ketersediaan darah di UTD (unit transfuse darah) RS Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara.

Pada tahun 2016 inovasi ini pertama kali dilaksanakan di desa Lara Kecamatan Baebunta. Pada kegiatan donor darah pertama hanya didapatkan 10 kantong darah disebabkan karena masih banyak warga yang belum memahami manfaat donor darah.

Setelah dilakuan edukasi pada tahun 2017 akhirnya masyarat desa Lara mampu menyumbangkan 21 kantong darah. Hal yang paling unik adalah jika ada ibu hamil yang akan melahirkan maka warga desa Lara melakukan donor sesuai golongan darah pasien, karena berdasarkan SOP (standar operasional prosedur) ibu hamil yang akan melahirkan wajib disediakan 3 atau 4 kantong darah.

Setelah berhasil diimplementasikan di desa Lara, di awal tahun 2018 inovasi ini direplikasi ke beberapa desa.  Pada akhir tahun 2019 sebanyak 21 desa yang tersebar di 9 kecamatan juga berhasil melakukan kegiatan yang sama. Berikut data hasil donor yang dilakukan di kampung penyelamat jiwa 2 tahun terakhir :

  • Tahun 2018 terdapat 85 pendonor, sebanyak 62 orang yang lolos dan dihasilkan 62 kantong darah
  • Tahun 2019 terdapat 121 pendonor, sebanyak 86 orang yang lolos dan dihasilkan 86 kantong darah

Data khusus untuk ibu hamil :

  • Tahun 2018 jumlah darah tersedia sebanyak 62 kantong, ibu hamil sebanyak 89 orang, kompikasi pendarahan 6 orang
  • Tahun 2019 jumlah darah tersedia sebanyak 86 kantong, ibu hamil sebanyak 95 orang, kompikasi pendarahan 14 orang

Adapun kelebihan kantong darah yang tesedia digunakan oleh pasien lain yang membutuhkan. Inovasi ini sangat membantu pelayanan kebutuhan darah di UTD dan memberikan manfaat yang sangat besar kepada masyarakat pendonor darah yaitu berupa cek kesehatan karena dengan donor darah rutin setiap 3 (tiga) bulan sekali secara otomatis memeriksakan kesehatannya tidak dipungut biaya atau gratis.