PENJAGA JUMPA BERLIAN

 

RINGKASAN

Inovasi Penjaga Jumpa Berlian adalah salah satu metode pengawasan pelaksanaan Jumpa Berlian “Jumat Pagi Bersih Lingkungan” sebagai kontrol bagi masyarakat dan pemerintah desa dalam pelaksanaan pola hidup bersih, indah dan sehat agar dapat terus berlanjut dan berkesinambungan.

 

Prinsip pelaksanaannya melalui pengawasan jumpa berlian di desa binaan dengan menempatkan satu aparat satu desa sehingga kegiatan gotong royong masyarakat dapat terus berkelanjutan setiap pekan karena pemerintah desa dan masyarakat merasa diperhatikan oleh pemerintah kecamatan dan turut serta dalam membangun kebersihan dan keindahan lingkungan.

 

Aparat ini menjadi pengontrol kegiatan yang dilaksanakan di desa dan dilaporkan melalui group whatsapp kecamatan, pelaksanaan kegiatan dapat terdokumentasikan dan dikontrol setiap saat  sehingga kinerja aparat dapat dinilai dan terukur. Metode ini mampu memberikan semangat bagi pemerintah desa dan masyarakat dalam meningkatkan budaya gotong royong sehingga desa menjadi bersih, indah dan nyaman.

 

Inovasi Penjaga Jumpa Berlian ini dianggap berhasil dan berkelanjutan karena ada target program yang ingin dicapai sesuai visi misi Kecamatan, Inovasi Penjaga Jumpa Berlian ini didukung dengan Surat Keputusan Camat Sukamaju Selatan Nomor 004 Tahun 2019 tentang Penunjukan Tim Setuju Melayani Desa se-Kecamatan Sukamaju Selatan Kab. Luwu Utara dan dampak dari pelaksanaan Jumpa Berlian dilombakan setiap tahun.

 

Hasil evaluasi inovasi Penjaga Jumpa Berlian memiliki dampak sebagai berikut:

  1. Sebanyak 11 desa ikut melaksanakan kegiatan Jumpa Berlian secara rutin setiap pekan.
  2. Peningkatan kinerja aparat Tim Setuju Melayani yang masuk dalam 11 Penjaga Jumpa Berlian menjadi terukur karena dinilai setiap bulan untuk mendapatkan piagam Star of The Month (Bintang Bulan Ini).
  3. Terbentuk 11 lorong hortikultura sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan Jumpa Berlian.
  4. Terbentuk lorong cinta negeri di 2 desa dalam  binaan jumpa berlian.
  5. Jumlah anggaran partisipatif masyarakat terhadap pembangunan setiap pelaksanaan Jumpa Berlian diperkirakan minimal satu juta rupiah per pekan.
  6. Tercipta 11 desa bersih dan indah di Kecamatan Sukamaju Selatan.