SIMedis Trendi

Pada era global kebutuhan informasi menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia terutama teknologi informasi yang diaplikasikan pada bidang kesehatan. Guna menentukan kebijakan dibidang kesehatan, rumah sakit wajib membuat pelaporannya. Pelaporan rumah sakit yang baik dan benar bergantung pada data rumah sakit sehingga diperlukan manajemen data yang mengatur serta mengawasi bagaimana cara mengisi dan mengolah data rumah sakit.

 

Sebelum adanya inovasi, Rumah Sakit Umum Daerah Haji Pemprov Sulsel telah memiliki sebuah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), akan tetapi dari SIMRS lama terdapat banyak kekurangan seperti: 1. Tidak ada tata kelola pengguna, jadi hanya loket administrasi dan pengkoder penyakit rekam medis yang memiliki akses ke aplikasi; 2. Tidak ada tata kelola ruangan sehingga data jumlah ruangan dan tempat tidur di rumah sakit tidak terupdate setiap kali ada pengurangan atau penambahan; 3. Tidak ada tata kelola tindakan yang dilakukan perawat dan dokter, tarif rumah sakit, tata kelola pemasukan dan pengeluaran barang farmasi serta tata kelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Data yang dihasilkan SIMRS lama sangat terbatas karena hanya mengeluarkan output laporan terkait rekam medis, sedangkan output laporan dari instalasi laboratorium, radiologi, rawat inap dan rawat jalan tidak ada. Sehingga untuk memperoleh data yang akurat masih diproses secara manual, jangka waktu penyediaan laporan membutuhkan waktu 1-2 hari, dan tidak tersedia data pendukung RS seperti over length of stay yang tidak terpantau di perawatan, barang habis pakai yang tidak tercatat dalam SIMRS lama sehingga merugikan rumah sakit karena melebihi paket klaim BPJS.

 

Kekurangan SIMRS lama mendorong tim inovasi RSUD Haji Pemprov Sulsel untuk mengembangkan sistem informasi manajemen rumah sakit yang terintegrasi keseluruh unit pelayanan mulai entry data di loket pendaftaran, data tersebut yang kemudian tersebar ke unit pelayanan diagnosa dan tindakan pasien, elektronik medical record (e-MR), farmasi, kasir, database pegawai, pembagian jasa medis, laporan rekam medis dan surveilans dengan fitur mapping yang diberi nama SIMedis Trendi.