CATIN SEHAT

Berdasarkan data profil Dinas Kesehatan Kabupaten Barru tahun 2016,  di Kabupaten Barru terdapat angka kematian Ibu sebanyak 7 kasus dan angka  kematian bayi sebanyak 26 kasus, gizi buruk sebanyak 8 kasus, balita dengan BGM sebanyak 106 kasus, akses sanitasi layak 49,78 %.  Demikian halnya di wilayah Puskesmas Bojo Baru, pada tahun 2016 terdapat kematian Ibu sebanyak 1 kasus dan kematian bayi sebanyak 3 kasus, serta kematian Balita sebanyak 1 kasus. Balita Bawah Garis Merah (BGM)  sebanyak 5 orang, hepatitis pada ibu hamil sebanyak 1 kasus dan penyakit menular seksua1 1 kasus dan Kepemilikan Jamban Keluarga hanya 83,7%. Langkah Puskesmas Bojo Baru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat inovasi “CATIN SEHAT” yang merupakan singkatan dari Calon Pengantin Sehat.

Pelayanan Calon Pengantin Sehat (CATIN SEHAT) merupakan program pelayanan kesehatan yang diberikan kepada calon pengantin melalui pemeriksaan kesehatan, pemberian informasi dan edukasi tentang kesehatan reproduksi dan seksual serta edukasi kesehatan gizi dan kesehatan lingkungan yang membedakannya dengan  pelayanan calon pengantin sebelumnya. Pelayanan kesehatan calon pengatin sangat penting dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan screening pada calon pengantin dalam mempersiapkam pernikahan sampai kelak memiliki keturunan yang sehat sehingga kematian Ibu dan Anak dapat dicegah sedini mungkin. Begitupun dengan  pencegahan dan penanganan penyakit menular seksual dapat dilakukan sedini mungkin sebelum calon pengantin menikah dan beresiko menularkan kepada pasangan.

 

Dampak pelaksaanaan program CATIN SEHAT sebagai berikut :

1.     100% calon pengantin yang telah dilayani mendapatkan pemantauan kehamilan  dan melahirkan dengan selamat serta melahirkan bayi yang sehat.

2.     Kasus Hepatitis dan PMS pada Ibu mengalamai penurunan dari 1 kasus pada tahun 2016 menjadi 0 kasus tahun 2017.

3.     Meningkatnya cakupan sanitasi lingkungan khususnya kepemilikan jamban keluarga dari 83,7 % tahun 2016 menjadi 88,4 % pada Tahun 2017.

4.     Semua Desa/kelurahan di wilayah kerja UPTD Kesehatan Puskesmas Bojo Baru terlibat aktif pada program CATIN SEHAT.mulai pada tahap sosialisasi, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi kegiatan setiap tahun.