Layanan Kesehatan Komprehensif pada Desa Binaan menuju Keluarga Sehat Mandiri di kelurahan Mangasa Makassar

Kesehatan
Poltekkes Makassar berkontribusi terhadap tingginya angka gizi buruk dan gizi kurang termasuk berbagai permasalahan di bidang kesehatan di Kelurahan Mangasa Kota Makassar melalui layanan promotif dan preventif

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang terikat oleh tugas Tri Darma PT-nya yaitu pengabdian pada masyarakat, maka Poltekkes Makassar terpanggil untuk melakukan inovasi. Bentuk inovasi berupa pelaksanaan Layanan kesehatan komprehensif pada desa binaan menuju keluarga sehat mandiri di Kelurahan Mangasa.

Poltekkes Makassar berkontribusi dalam percepatan pencapaian target MDGs yang terkait dengan bidang kesehatan secara proporsional sesuai kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasarana yang menunjang. Dengan melibatkan berbagai kompetensi yang ada di lingkungan Poltekkese Makassar sesuai dengan jurusan yang ada yaitu jurusan Keperawatan, Kebidanan, Analis Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Farmasi, Fisioterapi, Gizi dan Keperawatan Gigi.

Pemilihan lokasi desa binaan mengacu pada data profil Dinas Kesehatan Kota Makassar yang menunjukkan bahwa Kecamatan Tamalate Kelurahan Mangasa dengan jumlah penduduk sebanyak 172.504 (terbesar di kota Makassar) termasuk wilayah yang memiliki angka gizi buruk dan gizi kurang yang tinggi termasuk berbagai permasalahan kesehatan lainnya sesuai hasil observasi yang dilakukan.

Adapun sasarannya pada masyarakat secara langsung melalui layanan promotif dan preventif yang diharapkan berdampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat untuk menuju kesehatan yang paripurna.

Sumber : Buku TOP 99 2014

Makassar
Kota Makassar
0
Kelurahan Mangasa
Poltekes Makassar
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang inovasi ini, anda dapat: